Apa itu Root Android dan Fungsinya ? Di Sini Jawabanya



    Dalam dunia Android pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Root. Root sendiri berasal dari kata bahasa inggris yang artinya Akar. Dan sekarang kita akan membahas yang namanya Root Android.

Pengertian Root : 

Root adalah suatu akun sistem yang memiliki kebebasan untuk mengakses dan  mengoprek semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux termasuk android. Intinya, root itu punya akses tak terbatas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem ponsel kita. Nge-root bisa di artikan nge-hack sistem ponsel supaya kita (pemilik dan pengguna ponsel) punya akses ke akun root tersebut, jadi kitalah yang punya hak akses penuh pada ponsel android kita.
Sedangkan menurut Wikipedia Root adalah suatu akun sistem yang memiliki kekuasaan mutlak guna mengakses dan mengeksekusi semua berkas, perintah, dan sistem dalam sistem operasi berbasis Linux (termasuk Android). Intinya, 'root' memiliki akses tanpa batas untuk mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada di dalam sistem Android. 

Fungsi Root : 

Fungsi Root adalah memberikan hak penuh kepada penggunanya untuk masuk ke sistem Android. Kalau ponsel Android kita telah di Root maka kita dapat mengakses, mengubah, menambah, dan menghapus file yang terletak pada sistem Android kita. kalau di komputer yang berbasis windows atau linux fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada penggunnya. Sedangkan menurut Wikipedia Fungsi untuk melakukan root pada perangkat berbasis Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke dalam sistem Android. Dengan melakukan root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file atau data-data yang terletak pada sistem Android, di mana dalam keadaan standar (belum root) berkas tersebut tidak dapat diakses. Fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna seperti dalam sistem komputer Windows ataupun Linux. \

Kelebihan dan Kekurangan Root pada Android :
Kelebihan Root Menurut Wikipedia :
  • Akses tak terbatas dalam sistem operasi Android.
  • Dapat menghapus aplikasi bawaan vendor yang tidak diinginkan oleh pengguna.
  • Dapat melakukan backup aplikasi dan sistem sehingga ketika ingin melakukan instal ulang atau reset pabrik, pengguna tidak perlu mencari dan mengunduh lagi
  • Dapat mengubah tampilan melalui instalasi custom ROM atau bahkan memutakhirkan ke versi yang lebih tinggi yang tidak dirilis oleh vendor.
  • Dapat melakukan Overclock prosesor sehingga kinerja ponsel manjadi lebih cepat.
Tambahan 
  • Dapat memodifikasi aplikasi sistem atau bukan sistem sehingga tampilan berubah dan fitur bisa bertambah
  • Dapat mengubah aplikasi bawaan vendor
  • Dapat memindahkan aplikasi yang tidak bisa di pindah ke SDCARD 
  • Dapat Swap memori Android sehingga memori external bisa menjadi internal dan internal bisa menjadi bisa menjadi external 
  • Aplikasi yang minta hak akses root bisa kita ijinkan
  • Dan masih banyak lagi 
Kekurangan Root Menurut Wikipedia :
  • Garansi perangkat hilang; semua vendor ponsel mengatakan bahwa perangkat Android yang telah di root akan hilang masa garansinya, karena dengan rooting, pengguna sudah memodifikasi berkas sistem pada sebuah perangkat Android sehingga vendor tidak mau bertanggung jawab apabila ada kerusakan perangkat Android yang telah di root.
  • Rentan terhadap virus dan perangkat perusak.
 Tambahan 
  • Memang kalau Android kita telah di root akan terjadi masalah keamanan tapi sekarang sudah banyak vendor Anti Virus untuk android di antaranya Bitdefender, Kaspersky, ESET, Avast, AVG, CM Security, 360 Security dan masih banyak Anti Virus lainya. Jadi mungkin dengan memasang Anti Virus tersebut keamanannya yang tadinya rentan akan kita bisa menambalnya dengan Anti Virus itu.
  • Kalau garansi hilang di karenakan root apakah dengan cara flash ulang atau reset data pabrik ataupun unroot ponsel kita telah kembali seperti semula ? Jawaban menurut saya bisa tidak dan bisa iya karena ada beberapa vendor android yang masih mengetahui kalau garansi android sudah hilang meskipun kita sudah melaluka flash ulang ataupun unroot. 
  • Mungkin masih banyak lagi 
Apakah Root itu Ilegal ?

Jawabanya adalah legal. Kenapa legal ? Karena Android ini adalah Open Source (Sumber Terbuka). Kalau root Android itu di bilang ilegal pasti sudah dari dulu aplikasi seperti super su, super user dan lain semcamnya itu sudah di tendang dari Google Play Store.
Jadi sebelum Anda melakukan root pertimbangkan dulu atau di pikir dulu :D 

Post a Comment