Penyebab dan Cara Mengatasi Local Disk (C:) yang Tiba-Tiba Penuh pada Windows


Tampilan Windows Explorer Windows 10 
Haloo gaess Apakabar semuanya? Kami harap kalian semua baik-baik saja :) .
Setelah sekian lama blog ini tidak aktif dikarenakan beberapa faktor dan kesibukan di dunia offline, maka dari itu ini adalah postingan pertama saya di tahun 2019 hihi... Oh iya gaes sekarang blog ini sudah ada dua admin, pertama saya sendiri :v dan temen saya gaes (fuddin) yang akan membuat artikel seputar dunia Pemograman gaes. Jadi, buat kalian yang ingin lebih lanjut belajar Bahasa Pemograman jangan lupa pantau terus blog ini gaes.

Pernahkah kalian terkejut karena partisi local disk C: tiba-tiba penuh padahal gak ada angin, hujan, kenangan rindu eehh maksudnya padahal kalian gak ngerasa menginstall progam atau manambah file di local disk C:. Pasti hal tersebut membuat kalian gerah, sebel, ngambek ataupun bad mood. Santai aja semua itu kami punya solusinya... 

1. Faktor Windows Update 



Penyebab :
Faktor pertama karena Windows Update. Mengapa Windows Update? Dikarenakan setelah kalian meng-update/meng-upgrade windows kalian dengan versi terbaru maka yang terjadi Windows akan meninggalkan file-file windows versi sebelumnya di mana windows tidak menimpanya, melainkan membuat direktori windows baru dan yang lama biasanya akan berubah direktorinya ke Windows.old . Sebenarnya bukan hanya itu banyak file system seperti file-file sampah yang tersisa setelah kalian memperbarui windows ke versi terbaru. Biasanya hal ini sering terjadi pada Windows 8./8.1/10 dikarenakan Windows Update seri tersebut memaksa agar kita memasang versi windows terbaru. Apalagi Windows 10, dimana windows updatenya tidak bisa dinonaftikafkan kecuali dengan cara-cara tertentu.

Cara Mengatasi :
1. Buka Windows Explorer kemudian Klik Kanan Local Disk C: dan pilih Properties. Setelah itu akan muncul jendela baru kemudia pada Tab menu General anda pilih tombol Disk Cleanup dan tunggu hingga prosesnya selesai.


2. Setelah itu nanti akan muncul Jendela baru seperti dibawah kemudian anda pilih tombol Clean up system files. Sebenarnya disini sudah bisa membersihkan file-file sampah windows cuma untuk file system windows update belum terdeteksi kalau tidak memlilih tombol Clean up system files.

3. Setelah kalian memilih tombol Clean up system files maka akan muncul jendela lagi yaitu proses pemindaan file-file sampah tunggu hingga prosesnya selesai. kemudia akan muncul jendela seperti gambar dibawah dimana anda disuruh memilih file mana yang akan di hapus. Kalau saya sendiri mencentang semuanya kecuali Folder Downloads. Setelah anda memilih kemudia klik tombol OK dan nanti akan ada notifikasi konfirmasi permanent delete pilih saja Delete Files kemudian tunggu hingga prosesnya selesai. dan Lihatlah perubahannya


2. Faktor System Restore

Penyebab :
Yang kedua dikarenakan System Restore yang ada pada Windows tersebut aktif dan menyisihkan banyak file-file system itu sendiri. Karena System Restore memang bertujuan untuk mengembalikan sistem pada aksi sebelumnya dimana aksi tersebut biasanya terjadi ketika menginstall sebuah progam atau sesuatu yang berhubungan dengan system windows tanpa menghilangkan data atau file penting seperti dokumen dan gambar.  

Cara Mengatasi : 
1. Buka Windows Explorer kemudian klik kanan My Computer/This PC dan pilih Properties

2. Setelah itu akan muncul jendela System kemudian pilih Advanced system settings nanti akan di arahkan ke System Properties pilih tab System Protection dan pilih Configure 


3. Setelah itu akan muncul System Protection for Local Disk C: kemudian kalian pilih tombol Delete. nanti akan ada notifikasi konfirmasi delete dan pilih Continue tunggu hingga muncul notifikasi Succes. Done. Lihat Perbedaanya.






Mungkin kedua faktor tersebutlah yang membuat Partisi Hardisk Local Disk (C:) tiba-tiba penuh dengan sendirinya. Kalau kalian mempunyai faktor yg lain tentang permasalahan diatas silahkan isi kolom komentar dibawah. 
















0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Local Disk (C:) yang Tiba-Tiba Penuh pada Windows"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel